Sistem Pemerintahan dan Kemiskinan ?


Kemiskinanan merupakan suatu masalah yang menjadi lingkaran setan disebuah negara. Permasalahan kemiskinan berpengaruhi dan dipengaruhi oleh berbagai hal, oleh karena itu mengapa kemiskinan disebut sebagai sebuah permasalahan yang menjadi lingkaran setan di sebuah negara.
Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) miskin adalah tidak berharta; serba kekurangan(berpenghasilan yang sangat rendah). Sedangkan menurut wikipedia kemiskinan adalah keadaan dimana terjadi ketidakmampuan untuk memenuhi kebutuhan dasar seperti makan, pakaian, tempat berlindung, pendidikan, dan kesehatan Sedangkan menurut wikipedia kemiskinan. Kemiskinan menjadi salah satu hal yang menghambat pertumbuhan ekonomi suatu negara. Kemiskinan akan menghasilkan masalah – masalah yang lain, seperti sebuah lingkaran yang tidak terputuskan dan berhubungan dengan berbagai aspek. Seperti gambar berikut yang mencerminkan bahwa masalah kemiskinan akan menimbulkan “lingkaran setan” yang bisa dikatakan sulit untuk diputuskan.

Sistem pemerintahan adalah suatu tatanan untuh yang terdiri atas berbagai komponen yang bekerja saling bergantung dan mempengaruhi dalam mencapai tujuan dan fungsi pemerintahan. Terdapat beberapa bentuk sistem pemerintahan contohnya seperti, Sistem Presidensial yaitu ssitem pemerintahan negara republik, dimana kekuasaan ekssekutif dipilih melalui pemilihan umum dan terpisah dari kekuasaan legislatif. Terdpat tiga unsur dalam sistem pemerintahan presidensial yaitu kepala negara (presiden) dipilih rakyat; presiden menjabat sebagai kepala nagara dan kepala pemerintahan; presiden dijamin memiliki kewenangan legislatif oleh undang – undang atau konstitusi negara. Contoh negara yang menganut sistem ini adalah Indonesia dan Brazil. Kemudian ada sistem pemerintahan parlementer yaitu sistem pemerintahan yang parlemennya memiliki peranan penting dalam pemerintahan. Parlemen memiliki wewenang dalam mengangkat perdana menteri, dapat menjatuhkan pemerintahan. Dalam sistem pemerintahan Parlementer dapat memiliki presiden dan perdana menteri. Contoh negara yang menganut sistem ini adalah India dan Singapore. Terdapat bentuk sistem pemerintahan yaitu sistem pemerintahan yang menggabungkan sistem peemrintahan presidensial dan parlementer yang disebut pemerintahan dengan sistem semipresidensial. Contoh negara yang menganut sistem ini adalah  Timor Timur dan Palestina



Kemiskinan dan sistem pemerintahan saling berkaitan. Dimana sistem pemerintahan juga akan berpengaruh terhadap tingkat kemiskinan yang ada di negara tersebut. Dari data di atas dapat dilihat bahwa berbagai negara – negara di dunia memiliki tingkat kemiskinan yang berbeda. Suatu sistem pemerintahan memang memiliki hubungan dengan kemiskinan, penerapan suatu sistem pemerintahan tidak sepenuhnya akan menentukan tingkat kemiskinana di suatu negara. Contohnya sistem pemerintahan presidensial cocok di terapkan di negara A  dan tingkat kemiskinan di negara A  relatif kecil. Namun ketika sistem pemerintahan tersebut diterapkan di negara B , tingkat kemiskinan di negara berkebalikan dengan negara B. Hal ini dapat menunjukkan bahwa sistem pemerintahan tidak sepenuhnya akan menentukan besar kecilnya tingkat kemiskinan. Hal itu memang bisa saja terjadi, namun kemiskinan seperti yang kita lihat tidak hanya dipengaruhi oleh penerapan sistem pemerintahan saja tetapi bagaimana pemerintah bisa memberikan dan menerapkan solusi pengentasan kemiskinan di negaranya.  

https://id.wikipedia.org/wiki/Sistem_pemerintahan

https://id.wikipedia.org/wiki/Kemiskinan

Komentar

Postingan populer dari blog ini

POTENSI SASARAN INDUSTRI DI KABUPATEN NGANJUK

Relasi dalam Dunia Usaha

Kening