TARGET PEMBANGUNAN #APBN2017

Tahun 2017 pemerintah Indonesia telah merilis APBN Indonesia telah website kememtrian keuangan. APBN merupakan rencana keuangan tahunan pemerintah negara Indonesia. APBN berisi daftar sistematis dan terperinci yang memuat rencana penerimaan dan pengeluaran negara selama satu tahun anggaran (1 Januari – 31 Desember). Berikut merupakan target pembangunan yang tercantum di APBN 2017.

Pada tahun 2017 ini pemerintah mentargetkan angka pengangguran dari tahun 2016 naik dari 5,2 % – 5,5 % menjadi sebesar 5,6%, kemiskinan dari 9,0 % – 10,0 % menjadi 10,5%, Indeks Pembangunan Manusia (IPM) dari 75,3 menjadi 70,1, dan Rasio Gini dari 0,4 menjadi 0,39. Dilihat dari data yang dirilis oleh website resmi kementrian keuangan, sepertinya pemerintah pesimis dengan perekonomian Indonesia di tahun 2017 ini. Namun semua itu bukan tanpa alasan, terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi mengapa pemerintah mentargetkan pembangunan seperti yang tercantum diatas yaitu faktor eksternal, dimana kondisi perekonomian dunia masih dalam keadaan belum stabil. Selain itu adanya economic rebalancing yang berasal dari Tiongkok juga memiliki imbas terhadap seluruh perekonomian dunia. Kemudian kebijakan – kebijakan yang timbul dari negara – negara maju seperti negara adidaya Amerika Serikat juga tentunya memiliki pengaruh terhadap perekonomian Indonesia.
Perlu dilihat kembali bahwa dari salah satu target pembangunan pemerintah melakukan penurunan terhadap Rasio Gini, dimana pada 2016 Rasio Gini sebesar 0,4 menjadi 0,39, yang artinya pemerintah akan mencoba melakukan sebuah tindakan atau menerapkan kebijakan yang membuat angka ketimpangan antara si kaya dan si miskin di Indonesia yang semakin kecil. Namun, yang sangat disayangkan adalah Indeks Pembangunan Manusia (IPM). IPM merupakan indikator penting untuk mengukur keberhasilan dalam upaya membangun kualitas hidup manusia. Dalam APBN 2017 IPM mengalami penurunan yang cukup drastis yakni 5,2 lebih rendah dari APBN 2016. Dari hal tersebut bahwa keberhasilan dalam upaya membangun kualitas hidup manusia di Indonesia cukup mengkhawatirkan dengan nilai yang menurun seperti itu. Dengan target pembangunan yang telah tercantum di APBN 2017 diharapkan pemerintah dapat mencapai target tersebut.


Sumber : 
http://www.kemenkeu.go.id/apbn2017
https://www.bps.go.id/subjek/view/id/26#subjekViewTab1
https://id.wikipedia.org/wiki/Anggaran_Pendapatan_dan_Belanja_Negara_Indonesia

Komentar

Postingan populer dari blog ini

POTENSI SASARAN INDUSTRI DI KABUPATEN NGANJUK

Relasi dalam Dunia Usaha

Kening