TEKNOLOGI DALAM EKONOMI


Ekonomi merupakan bidang yang berperan penting dalam kehidupan manusia. Dalam prakteknya ekonomi berhubungan dengan bidang lain bersinergi untuk memenuhi kebutuhan dan atau keinginan manusia, salah satunya adalah teknologi. Perkembangan teknologi yang semakin pesat memiliki peluang yang sangat besar dalam bidang perekonomian. Saat ini saja bisa dilihat bahwa banyak aktivitas ekonomi yang ditunjang oleh bidang teknologi. Perkembangan teknologi dilihat sebagai suatu yang positif ditandai dengan banyaknya penerapan teknologi dalam menunjang aktivitas ekonomi.
Penerapan tekonogi dalam bidang ekonomi membantu dalam proses transaksi yang tidak harus dilakukan secara face to face. Terdapat beberapa keuntungan yang akan diperoleh dari penerapan teknologi dalam ekonomi antara lain :
Mempercepat proses transaksi
Penerapan teknologi akan membantu proses transaksi seperti proses perhitungan barang terjual, keuntungan dan lain – lain. Dengan penerapan teknologi waktu yang digunakan akan lebih efisien.
Mempermudah penjangkauan pasar
Dengan penerapan teknologi seperti iklan, maka seorang penjual tidak harus menjajakan barangnya dengan cara berkeliling dari satu tempat ke tempat lain. Selain itu dengan adanya penerapan teknologi ini pasar yang dijangkau akan lebih luas sehingga memperbesar peluang mendapatkan profit yang besar.
Mempermudah pemerataan
Untuk skala ekonomi yang besarseperti negara tentunya penerapan teknologi dalam bidang ekonomi ini akan mempermudah dan mempercepat adanya distribusi sehingga dapat mencapai pemerataan.
Mengetahui daerah yang berpotensi
Negara yang memiliki daerah yang luas contohnya Indonesia yang merupakan negara kepulauan tentunya sangat sulit apabila ingin mendapatkan informasi tentang perekonomian jika harus mendatangi daerah satu persatu, jadi penyediaan informasi ekonomi akan membantu dalam mengetahui daerah – daerah yang memiliki potensi ekonomi yang bagus dan daerah mana yang masih harus dikembangkan.
Terdapat beberapa macam pemanfaatan teknologi di dalam bidang ekonomi seperti e – commerce. Perdagangan elektronik (electronic commerce atau e – commerce) merupakan penyebaran, pembelian, penjualan, pemasaran barang dan jasa melalui sistem elektronik seperti internet atau televisi, www, atau jaringan komputer lainnya. E-commerce dapat melibatkan transfer dana elektronik, pertukaran data elektronik, sistem manajemen inventori otomatis, dan sistem pengumpulan data otomatis. E – commerce merupakan bagian dari e – bussiness, dimana cakupan e – bussiness lebih luas, tidak hanya sekedar perniagaan tetapi juga mencakup juga pengkolaborasian mitra bisnis, pelayanan nasabah, lowongan pekerjaan dan lainnya. Selain e- commerce memasuki tahun 2010 mulai muncul aplikasi – aplikasi yang semakin mempermudah transaksi antar inividu seperti Traveloka, OLx, Tokopedia, Bukalapak, Go-Jek, Grab dan lain sebagainya. Penerapan teknologi dalam bidang ekonomi ini tentunya sangat membantu dan mempermudah segala aktivitas ekonomi. Harapannya jika penerapan teknologi ini baiknya dilakukan dengan bijak dan bertanggung jawab sehingga tidak ada pihak yang merasa dirugikan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

POTENSI SASARAN INDUSTRI DI KABUPATEN NGANJUK

Relasi dalam Dunia Usaha

Kening