Relasi dalam Dunia Usaha

Sebagai seorang wirausaha, relasi atau jaringan merupakan hal yang penting dalam menjalankan suatu usaha. Relasi merupakan hal yang dibutuhkan untuk terus mengembangkan usaha dan juga merupakan aset yang besar bagi keberlangsungan suatu usaha. Relasi yang baik antara kedua belah pihak akan menghasilkann sebuah keuntungan, namun tidak jarang juga relasi yang salah akan menyebabkan kerugian bagi pemilik usaha.
          Sebuah usaha tidak mungkin didirikan tanpa adanya relasi, seorang wirausahawan tidak mungkin benar – benar membangun sebuah usaha seorang diri tanpa adanya bantuan dari pihak lain. Dengan adanya relasi maka wirausahawan dapat meningkatkan kualitas dirinya dengan ilmu yang diserap dan sekaligus meningkatkan kualitas usahanya. Wirausahawan sebaiknya pandai dalam memanfaatkan setiap peluang untuk mengembangkan usahanya salah satunya melewati relasi ini. Terdapat beberapa cara untuk memulai membangun sebuah relasi usaha. Pertama, mulut ke mulut. Dikatakan marketing yang paling bagus adalah dari mulut kemulut. Dalam interaksi secara langsung dengan teman, sahabat atau orang yang baru dikenal seorang wirausahawan dapat menyelipkan sedikit tentang usaha yang dimiliki dalam obrolan santai apabila topik pembicaraan sesuai. Kedua, ciptakan keadaan yang saling menguntungkan antara kedua belah pihak. Ketika berbicara relasi maka juga akan terlintas keuntungan apa yang akan didapat apabila kita menciptakan sebuah relasi. Jangan terlalu memikirkan apa yang akan didapat tapi juga harus memikirkan apa yang akan pihak lain dapat ketika menjalin relasi tersebut. Jangan sampai kita hanya menjadi parasit, karena hal itu yang akan memberikan dampak yang buruk nantinya ketika pihak yang merasa dirugikan memberikan informasi kepada pihak lain tentang tingkah laku kita dalam menjalin sebuah relasi.

Ketiga, menciptakan kepercayaan pihak lain kepada kita. Rasa percaya pihak lain terhadap kita akan sama – sama mempermudah kedua belah pihak dalam mengembangkan usaha. Kepercayaan merupakan hal yang susah – susah gampang untuk dibangun, namun sangat mudah untuk dihancurkan. Jadi, kita harus menjaga dan berhati – hati bagaimana rasa lepercayaan itu tetap ada, sehingga tidak ada pihak yang merasa dirugikan ketika membangun relasi. Kesimpulanya, relasi merupakan hal penting dalam sebuah usaha karena tidak ada usaha yang benar – benar terbangun atas usaha sendiri, pasti membutuhkan sebuah relasi. 

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

POTENSI SASARAN INDUSTRI DI KABUPATEN NGANJUK

Kening