Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM)

Usaha mikro kecil menengah atau sering juga disebut UMKM di indonesia memiliki jumlah yang sangat banyak. Hal ini dibuktikan dengan adanya data dari Kemntrian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah yang menunjukkan angaka yang cukup fantastis tentang jumlah UMKM yang ada di Indonesia pada tahun 2013 berada dia angkat 57.895.721 dari seluruh jumlah unit usaha yaitu 58.900.787 unit. Ini berarti hampir 98% unit usaha di Indonesia berada di skala UMKM.
Dengan banyaknya jumlah unit ini dapat dikatakan bahwa UMKM dapat menjadi penyumbang yang cukup besar bagi pertumbuhan dan perkembangan ekonomi di Indonesia. Banyaknya jumlah ini menjadikan UMKM menjadi penyokong perekonomian Indonesia. Pada saat krisis tahun 1998 salah satu penolong bangsa Indonesia keluar dari krisis dalam perekonomian adalah adanya UMKM. Dimana krisis yang terjadi tidak berpengaruh terhadap UMKM sehingga UMKM masih bisa terus bertahan dalam keadaan krisis. Hal ini mungkin karena skala UMKM yang masih kecil sehingga adanya krisis tidak memiliki pengarauh yang begitu besar bagi UMKM. Oleh karena skala UMKM yang masih kecil hal ini memungkinan terjadinya perkembangan didalam UMKM.

Dengan skala yang kecil UMKM dapat dikembangkan menjadi memiliki  skala yang besar.           Sangat dibutuhkan inovasi - inovasi yang kreatif dan menarik sehingga UMKM dapat berkembang dengan baik. Dengan adanya perkembangan skala dari UMKM ini maka akan menciptakan lapangan baru didalam masyarakat. Sehingga seluruh angkatan kerja dapat bekerja semua atau dapat dikatan perekonomian dalam keadaan full employment. Ketika masyarakat bekerja maka mereka akan mendapatkan pendapatan, dimana pendapatan itu akan digunakan untuk mencukupi kebutuhan dalam konsumsi. Selain itu dengan adanya tenaga kerja yang terserap maka akan menciptakan output yang banyak bagi negara sehingga dapat diekspor dan memberikan dampak pada pertumbuhan ekonomi negara. Selanjutnya dengan mendapatkan pendapatan dan dapat mencukupkan kebutuhannya maka kesejahteraan masyarakat akan meningkat.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

POTENSI SASARAN INDUSTRI DI KABUPATEN NGANJUK

Relasi dalam Dunia Usaha

Kening