Pemasaran Produk bagi Usaha baru

Sekarang ini banyak sekali usaha – usaha kecil yang berkembang didalam masyarakat mulai dari makanan, baju, aksesoris, bahkan alat rumah tangga. Usaha – usaha kecil ini biasanya dimulai dengan modal yang bisa dikatakan minim dan terbatas. Dan salah satu hal yang penting dalam proses pemasaran produk dari usaha tersebut adalah promosi. Terdapat berbagai macam cara bagaimana informasi tentang suatu produk itu bisa sampai ke konsumen. Namun, untuk menginformasikan tentang suatu produk atau bisa disebut dengan promosi atau iklan biasanya membutuhkan biaya yang cukup besar. Hal ini merupakan beban yang cukup berat bagi usaha – usaha kecil atau usaha yang baru dirintis.
Terdapat beberapa cara untuk memasarkan produk bagi perintis usaha. Pertama, mulut ke mulut. Merupakan cara yang cukup ampuh dalam memasarkan produk. Dengan menginformasikan kepada keluarga, teman atau mungkin tetangga seorang perintis usaha dapat mulai memasarkan produknya. Pemasaran dengan penyebaran dari mulut ke mulut ini tidak memiliki biaya cukup tinggi. Hanya perlu bersosialisasi saja dengan lingkungan dimana kita berada mungkin di rumah, kantor atau tempat lain dimana kita bertemu dengan orang yang kita kenal. Selain itu kita juga bisa meminta bantuan dari teman yang sudah kita beri informasikan untuk menginformasikan tentang produk yang kita jual.
Dengan adanya perkembangan teknologi dapat dimanfaatkan untuk mengatasi hal tersebut salah satunya adalah memanfaatkan sosial media yang tidak memerlukan biaya yang cukup besar seperti instagram, facebook, twitter, line atau bbm. Para perintis usaha dapat mulai memasarkan dengan mendaftarakan akun khusus atau mungkin dari akun pribadi. Cara pemasaran ini tidak memerlukan biaya yang cukup besar karena hanya membutuhkan koneksi internet saja untuk bisa melakukan pemasaran. Dan pemasaran ini terbilang cukup ampuh karena saat ini banyak sekali orang yang sudah memiliki smartphone dan sudah banyak akun media sosial seperti yang telah disebutkan tadi.

Terdapat cara yang juga mulai diterapkan saat ini yaitu endorse. Endorse sendiri adalah kesepakatan antara pemiliki usaha online (online shop) dengan artis atau pihak lain yang cukup secara gratis kepada artis dengan imbal balik artis tersebut akan mengunggah foto mereka menggunakan produk tersebut dalam akun pribadi mereka. Cara pemasaran dengan endorse diharapkan nantinya akan meningkatkan penjualan dari produk yang telah diendorse. Selain itu juga terdapat cara memasarkan dengan paid promote. Pemasaran Paid promote adalah pemasaran yang dilakukan dengan membayar akun yang memiliki pengikut yang banyak untuk mengunggah foto produk dan kalimat persuasif agar mengikuti akun yang menjual produk atau membeli di akun produk yang ditawarkan. Biasanya semakin banyak pengikutnya maka akan semakin mahal untuk melakukan paid promote di akun tersebut

Komentar

Postingan populer dari blog ini

POTENSI SASARAN INDUSTRI DI KABUPATEN NGANJUK

Relasi dalam Dunia Usaha

Kening