Apa itu kewirausahaan ?

Wirausahawan ? Kewirausahaan ? Kata tersebut sudah umum terdengar di telinga masyarakat, tetapi apasih wirausaha atau kewirausahaan itu sebenarnya ? Nah penjelasan lebih rincinya akan di bahas di penjelasan dibawah ini. Cekidot ...


Kewirausahaan atau wirausaha berasal dari kata wira dan usaha. Wira memiliki arti, pejuang, pahlawan, laki – laki, bersifat jantan (berani). Sedangkan usaha memiliki arti kegiatan dengan mengerahkan tenaga, pikiran, atau badan untuk mencapai suatu tujuan atau memperoleh keuntungan (bidang perdagangan). Dari kata “wira” dan “usaha” di atas kewirausahaan atau wirausaha adalah kegiatan seseorang untuk melakukan suatu kegiatan dengan mengerahkan kemampuan atau input yang dimiliki (tenaga, pikiran, badan) untuk memperoleh keuntungan atau mencapai tujuan tertentu. Sedangkan wirausahawan adalah orang yang melakukan aktivitas wirausaha yang . Jadi perbedaannya disini wirausaha adalah kegiatannya sedangakan wirausahawan adalah orang yang melakukannya.

Dalam melakukan kegiatan wirausaha dengan tujuan yang sudah direncanakan, seorang wirausahawan memiliki sifat dan ciri - ciri yaitu :
  • Inovatif
adalah hal yang penting yang harus dimiliki seorang wirausahawan. Wirausahawan harus memiliki ide yang inovatif dan kreatif dalam menciptakan usaha yang berbeda dari usaha - usaha yang sudah ada sebelumnya, atau memodifikasi uasaha yang ada dengan sistem yang lebih baik , efektif dan efisien.
  • Pandai melihat peluang
Sebagai seornag wirausahawan seseorang harus pendai dalam melihat peluang yang ada di sekitarnya. Dengan peka terhadap lingkungan seorang pengusaha akan lebih mudah menemukan peluang apa yang ada di masyarakat, apa yang dibutuhkan di masyarakat pada era sekarang.
  • Berani
Salah satu ciri seorang pengusaha adalah memiliki sifat pemberani, baik dalam menentukan keputusan, mengambil langkah yang tepat, menghadapi segala resiko dan lain - lain. Dengan berani seorang wirausahawan menunjukkan bahwa dia berkomitmen terhadap apa yang dia lakukan apapun yang terjadi.
  • Pekerja keras, ulet dan tekun.
Tidak ada sebuah usaha yang baru didirikan dan langsung menghasilkan profit yang besar atau langsung tercapai semua tujuan yang direncanakan. Sebuah usaha membutuhkan sebuah proses, dan oleh sebab itu seorang pengusaha idealnya adalah seorang yang pekerja keras, ulet dan tekun. Apabila usaha yang dijalankan tidak berjalan sesuai rencana atau gagal maka mencoba cara yang lain. Tekun dalam memperbaiki kesalahan dan kekurangan yang diterapkan di dalam wirausaha yang dijalani.
  • Pemimpin dan pendengar yang baik
Sebagai seorang wirausahawan seorang idelanya memiliki jiwa kepemimpinan yang baik, dengan memiliki jiwa kepemimpinan yang baik wirausahawan dapat mengatur dan mengelola usahanya dengan baik serta dapat mengayomi jika memiliki pegawai nantinya. Selain itu wirausahawan idealnya juga pendengar yang baik, dengan mau mendengar kritik dan saran yang membengun wirausahwan dapat lebih cepat memperbaiki dan mengerti kesalahan dan kekurangan yang dimiliki usahanya dan dengan begitu dapat lebih untuk melakukan pencegahan atau mencari solusi atas permasalahan yang dimiliki usahanya.

sumber :

Komentar

Postingan populer dari blog ini

POTENSI SASARAN INDUSTRI DI KABUPATEN NGANJUK

Relasi dalam Dunia Usaha

Kening