kesenjangan Sosial di Indonesia

Kesenjangan sosial merupakan salah satu indikator yang menunjukkan pertumbuhan ekonomi belum dapat dinikmati oleh semua kalangan masyarakat Indonesia.  Kesenjangan sosial menunjukkan adanya ketidakmerataan yang ada di Indoensia. Besarnya kesenjangan sosial dapat dilihat dark nilai radio gini yang ada.  Rasio gini ini merupakan angka yang menunjukkan besarnya pendapatan antar penduduk. Nilai radio gini yang semakin kecil yakni mendekati 0 maka dapat dikatakan bahwa negara tersebut memiliki pemerataan sempurna,  sebaliknya jika angka radio gini mendekati 1 mama semakin besar ketimpangan yang ada di masyarakat.

Indonesia sendiri memiliki angka radio gini berkisar di angka 0,3 -0,4 % hal in I menunjukkan bahwa kesenjangan yang ada di masyarakat Indonesia masih cukup tinggi.  Dilihat pada fakta dilapangan bahwa memang kesenjangan di Indonesia ini masih cukup besar.  Contohnya saja infrastruktur yang ada.  Pelayanan publik yang ada masih terpusat di pulau jawa,  sedangakan di luar pulau jawa masih kurang atau bahkan terkadang tidak ada.  Selain kelengkapan maslaah kelayakan juga menjadi masalah,  pelayanan publik yang ada masih jauh dark kata kayak jika dibandingkan di pulau jawa.  Bahkan di daerah Papua terdapat suatu pelayanan publk yang ruang tunggunya masih belum ada dan unuk menunggu antrian masyarakat harus berteduh di bawah pohon.

Selain dark segi infrastruktur dark segi hafga barang - barang juga terdapat perbedaan pulau jawa dan luar jawa.  Di daerah Kupang,  Nusa Tenggara Timur,  untuk memperoleh makanan sehat beruapa sayuran hijau masyarakat harusmengeluarkan uang dalam jumlah yang cukup besar berbeda dari pulau jawa. Perbedaan harga - harga barang infrastruktur ini tentunya menimbulkan kecemburuan di masyarakat,  oleh karena itu masyarakat akan berpikir untuk dapat menikmati fasilitas yang lengkap maka masyarakat akan melakukan migrasi ke jawa dan itu akan meningkatakan kepadatan pulau jawa yang tidak akan cukup jikalau menampungsebagian besar penduduk yang melakukan migrasi.  Hal ini juga akan menimbulkan daerah luar pulau jawa tidak akan mengalami perkembangan dan akan malah mengalami perkembangan yang stagnant atau malah menurun.

Untuk mengatasi kesenjangan yang secara umum di alami oleh masyarakat diluar jawa pemerintah mulai melakukan pembangunan yang dapat mempermudah masyarakat untuk dapat menikmati seluruh fasilitas yang ada.  Salah satu hal penting adalah jalur transportasi.  Untuk menyediakan fasilitas yang ada salah satunya adalah kemudahan akses dalam menjangkau daerah tersebut.  Untuk itu jika dilihat sekarang pemerinah gencar melakukan pembangunan jalan raya,jalan tol,  jemabatan dan lain sebagainya.  Sebagai bentuk perhatian pemerintah di daerha Papua pemerintah melakukan pembangunan jalan trans Papua yang dapat menjangkau daerah - daerah pedalaman yang ada di Papua.  Jalan tol ini merupakan salah satu bentuk untuk melakukan pemerataan dan mengurangi angka kesenjangan sosial yang ada.

Harapan pemerintah dengan adanya jalan trans papua ini masyarakat papua dapat menjangkau barang dengan harga - harga yang tidak terlalu tinggi atau bahkan nantinya harha yang ada di Papua sama dengan harha yang ada di pulau jawa.  Selanjutnya dengan adanya jalan trans papua ini pemerintah juga merencanakan akan ada perbaikan dan penambahan fasilitas penting seperti fasilitas pemerintahan,  pendidikan dan kesehatan. Selain itu diharapakan bahwa dengan adanya jalan tol ini masyarakat papua dapat merasakan juga modernisasi yang ada di daerah jawa namun tanpa meninggalkan adat mereka.

#UASperekonomianIndonesia

Komentar

Postingan populer dari blog ini

POTENSI SASARAN INDUSTRI DI KABUPATEN NGANJUK

Relasi dalam Dunia Usaha

Kening